Pemimpin Perempuan dan Perannya Menurut Pandangan Orang Indonesia dan Dunia.

Pemimpin Perempuan dan Perannya Menurut Pandangan Orang  Indonesia dan Dunia.
SHARE
41 views

taput.tapanuli.goosela.co.id

Gender menjadi suatu alasan klasik ketika kaum perempuan turut mengikuti suatu ajang dalam pemilihan pemimpin,baik itu di bidang Pemerintahan,Politik,Organisasi ,Sosial maupun Budaya.

Beberapa pendapat menyatakan bahwa Gender tidak seharusnya menentukan kemampuan kepemimpinan seseorang. Sebaliknya, harus menilai potensi kepemimpinan dengan memancarkan kekuatan individu dan ciri-ciri kepribadian.

Di negara kita Indonesia, setiap tanggal 21 April tiap tahunnya memperingati Hari Kartini . Berkat Kartini, perempuan bukan lagi sosok yang hanya berdiam di rumah, mengurus suami dan anak. Perempuan Indonesia bisa menjadi apa pun dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Kartini adalah pejuang emansipasi kaum perempuan. Jasanya membuat para perempuan Indonesia kini bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, berpartisipasi dalam kursi pemerintahan, atau bekerja dengan profesi tinggi dan kedudukannya setara dengan laki-laki. Untuk menghormati dan mengingat perjuangan serta jasa Kartini, pemerintah kemudian menetapkan Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Hari Kartini mulai diselenggarakan sejak ditetapkan pada masa pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964. Keputusan tersebut bersamaan dengan ditetapkannya Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pemilihan 21 April sebagai Hari Kartini juga karena tanggal tersebut adalah hari kelahiran Kartini, yang jatuh pada tanggal 21 April 1879.

Emansipasi wanita tidak semata-mata berfokus pada kesetaraan antara hak laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam beragam bidang. Makna sebenarnya dari emansipasi wanita yaitu tentang bagaimana wanita dapat berkembang dan maju dari waktu ke waktu tanpa menghilangkan jati dirinya. Dengan memahami makna emansipasi wanita seutuhnya, wanita turut serta memberikan emansipasi bagi masyarakat dan Negara.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah, tercatat beberapa pahlawan wanita sebagai pahlawan Nasional maupun pahlawan kemerdekaan yang berperan sangat penting dalam perjuangan memerdekakan Negara Indonesia,antara lain:

-R.A Kartini dari Jawa Tengah
-Cut Nyak Dien dari Aceh.
-Nyi Ageng Serang dari Jawa Tengah.
-Martha Christina Tiahahu dari Maluku.
-Laksamana Malahayati dari Aceh.
-Cut Meutia dari Aceh.
-Siti Walidah (Nyai Ahmad Dalan) dari Yogyakarta.
-Dewi Sartika dari Jawa Barat.
-Opu Daeng Risadju dari Sulawesi Selatan.
-Hajjah Rangkayo Rasuna Said dari Sumatera Barat.
-Siti Manggopoh dari Sumatera Barat.
-Maria Walanda Maramis dari Sulawesi Utara.
-Andi Depu Maradia Balanipa dari Sulawesi Barat.
-Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah.
-Fatmawati Sukarno ( istri Presiden pertama RI Ir.Sukarno)
-Rohana Kudus (merupakan wartawan perempuan pertama Indonesia dan digelari pahlawan nasional) dari Sumatera Barat.
(Dikutip dari laman Kemensos RI)

Terkait emansipasi wanita, penulis (Bob Luis,Red) sengaja mengutip pendapat dari beberapa orang orang sukses dunia di bidangnya, dengan tujuan menjadi suatu pertimbangan atau motivasi dan dengan  tidak bertujuan untuk melemahkan kaum pria atau maksud lainnya.

1.Perempuan Memimpin dengan Memberi Teladan.

“Perempuan memimpin dengan memberi contoh”

– Harriet Taub, Konsultan Organisasi Nirlaba

2.Perempuan Menghargai Keseimbangan Kehidupan Kerja.

“Perempuan adalah pemimpin yang hebat karena kita mampu menyeimbangkan keterampilan kepemimpinan profesional dan pribadi. Lebih mudah untuk mendekati pemimpin perempuan dengan permintaan pribadi atau pertanyaan sensitif.

-Amy Killoran, Manajer Produk Utama, GreenShield Health

3. Perempuan Lebih Inklusif

“Saya benci mengatakan ada cara perempuan dan laki-laki dalam menghadapi kekuasaan karena menurut saya masing-masing dari kita memiliki peran laki-laki dan perempuan. Namun berdasarkan pengalaman saya sendiri, perempuan cenderung inklusif, lebih menjangkau, dan lebih peduli.”

– Christine Lagarde, Presiden Bank Sentral Eropa

4.Perempuan Lebih Berempati

“Salah satu kritik yang saya hadapi selama bertahun-tahun adalah saya tidak cukup agresif atau asertif, atau mungkin karena saya berempati, itu berarti saya lemah. Saya benar-benar memberontak terhadap hal itu. Saya menolak untuk percaya bahwa Anda tidak bisa berbelas kasih sekaligus kuat.”

-Jacinda Ardern, Mantan Perdana Menteri Selandia Baru

5.Perempuan Fokus pada Kerja Sama Tim

“Para wanita secara konsisten menunjukkan semangat, antusiasme, dan kapasitas yang besar untuk melayani dan dilayani oleh orang lain. Saya telah mengamati perempuan mengambil keputusan yang berani dan bijaksana sebagai pemimpin sambil memberdayakan orang lain untuk menjadi bagian dari tim mereka. Lingkungannya kurang otoriter dan lebih kooperatif serta kekeluargaan, namun dengan kepemimpinan yang solid.”

– Katharine M. Nohr, Chief Innovation Officer untuk Sports Futurists, LLC

6.Perempuan Pandai Multitasking

“Perempuan bisa menjadi pemimpin yang hebat karena kita secara alami mampu melakukan banyak tugas. Kemampuan untuk secara tegas dan cepat menanggapi tugas atau masalah yang berbeda dan simultan pada saat yang sama merupakan komponen penting dalam kepemimpinan yang sukses.”

– Carolann Tutera, Presiden, SottoPelle

7.Perempuan Termotivasi Oleh Tantangan

“Kami adalah pemecah masalah yang kreatif dan termotivasi oleh hambatan. Keinginan untuk mengatasi tantangan yang mendorong kita untuk mencapai sesuatu. Para pemimpin tidak menerima jawaban ‘tidak’.”

– Jackie Zlatanovski, Pendiri, Flik Flop

8.Perempuan Bermimpi Besar

“Perempuan bisa menjadi pemimpin hebat karena mereka memiliki kemampuan bawaan untuk bermimpi besar, menantang asumsi, dan menginspirasi tim — dan mereka tahu cara menerjemahkan ide-ide besar menjadi tindakan dan hasil nyata.”

– Angela Dejene, Presiden, Komunikasi Dejene

9.Perempuan menyelesaikan Situasi Krisis dengan Baik

“Banyak perempuan, terutama para ibu, adalah pengasuh yang dilatih dan tahu cara menghadapi situasi darurat di rumah dengan kasih sayang dan kesabaran. Atribut-atribut ini menjadi sangat relevan ketika seorang pemimpin perempuan menghadapi situasi krisis, baik terkait dengan SDM atau [klien].”

– Huma Gruaz, Presiden dan CEO, Alpaytac PR

10.Perempuan Lebih Tidak Memihak

“Masyarakat di mana perempuan mengambil posisi kepemimpinan dengan kedudukan yang setara tidak hanya merupakan masyarakat yang lebih adil tetapi juga masyarakat yang lebih baik, lebih sukses, dengan lebih banyak talenta, lebih banyak potensi, dan lebih banyak kesejahteraan antar generasi.”

– Ursula von der Leyen, Presiden, Komisi Eropa

11.Perempuan Menjaga Egonya

“Ego sering kali menghalangi pengambilan keputusan.Wanita ego menunjukkan secara berbeda dan mereka pandai mengambil keputusan dengan ego yang terkendali.

– Joan Wrabetz, Pengacara Privasi di Rimon PC

12.Perempuan Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

“Kecerdasan emosional – kemampuan untuk mengenali emosi dalam diri sendiri dan orang lain serta menghubungkannya – adalah sesuatu yang baru-baru ini mendapatkan momentum sebagai perilaku kepemimpinan yang penting. Saya percaya ini adalah sesuatu yang lebih alami terjadi pada wanita dibandingkan pria ”

– Lakshmi Raj, Salah satu pendiri dan mantan Co-CEO, Replicon

13.Perempuan Pemikir Strategi Jangka Panjang

“Di tempat kerja, perempuan hebat dalam menginspirasi dan membangkitkan semangat orang-orang di sekitar mereka. Inilah alasannya mengapa sebagian besar pemimpin perempuan adalah pemikir strategi jangka panjang yang sangat baik. Mereka cenderung tidak mendukung strategi jangka pendek jika pendekatan yang lebih berkelanjutan dapat dilaksanakan.”

– Dana Manciagli, Presiden, Kelas Master Pencarian Kerja®

14.Perempuan Membuat Pekerjaannya Terlihat Mudah

“Saya yakin perempuan bisa menjadi pemimpin yang fenomenal karena mereka ahli dalam membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dan terkadang, pada hari yang baik, mereka bahkan membuatnya terlihat mudah. Wanita Bersifat Pragmatis, Tangguh, Dan Biasanya Mampu Mengatasi Situasi Sulit Daman Anggun. Perspektif Mereka Lahir Dari Perpaduan Antara Cobaan Berat Dan Ketabahan. Mereka memandang dunia dengan keberanian dan mampu menyatukan dunia di sekitar mereka seperti sebuah teka-teki yang rumit.”

– Jody Clower, Pendiri dan CEO, Nestiny

15.Perempuan  Lapar akan Kesuksesan

“Saat ini, perempuan bekerja ekstra keras di perguruan tinggi dan universitas dan mendapatkan lebih banyak gelar dibandingkan laki-laki. Mereka haus akan kesuksesan dan kebebasan ekonomi. Ini adalah kerugian negara jika tidak dapat memanfaatkan hal ini.”

-Indra Nooyi, Ketua Komite Audit, Amazon

16.Perempuan Memimpin Dengan Memberi Teladan.

“Perempuan memimpin dengan memberi contoh, dan dalam banyak kasus, perempuan telah menaiki tangga tersebut sehingga mereka telah merasakan berbagai peran sebelum mereka mencapai posisi kepemimpinan. Pengalaman adalah kuncinya.”

– Harriet Taub, Konsultan Organisasi Nirlaba

17.Perempuan  Memimpin Dengan Naluri Keibuan.

“Sepahit apapun tetap berjuang demi masa depan anak-anak nya”

-Pendapat Penulis.

Dari 193 Negara yang tergabung dalam PBB (UNO) terdapat 13 Negara yang saat ini dipimpin perempuan dari data milik Pew Research Center yaitu:

  1. PM Sheikh Hasina dari Bangladesh
  2. PM Katrin Jakobsdottir dari Islandia
  3. PM Ana Brnabic dari Serbia
  4. PM Mia Mottley dari Barbados
  5. PM Mette Frederiksen dari Denmark
  6. PM Sanna Marin dari Finlandia
  7. PM Kaja Kallas dari Estonia
  8. Presiden Samia Saluhu Hassan dari Tanzania
  9. Presiden Xiomara Castro dari Honduras
  10. PM Fiame Naomi Mata’afa dari Samoa
  11. Presiden Dina Boluarte dari Peru
  12. PM Giorgia Meloni dari Italia
  13. Boriana Kristo dari Bosnia-Herzegovina

Seluruh Negara di dunia merayakan Hari Perempuan Internasional tanggal 8 Maret setiap tahunnya.

Menurut penulis,memilih pemimpin gender perempuan tidaklah salah,dan  bahkan dibenarkan,berpikirlah secara rasional.

 

G-BOBLUIS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *