Dugaan Korupsi Dana Desa, 3 Kepala Desa di Kecamatan Pangaribuan Dilaporkan Warga ke Polres Tapanuli Utara.

Dugaan Korupsi Dana Desa, 3 Kepala Desa di Kecamatan Pangaribuan Dilaporkan Warga ke Polres Tapanuli Utara.
SHARE
418 views

 

taput.tapanuli.goosela.co.id

Dugaan korupsi / mark up anggaran Dana Desa, 3 Kepala desa di Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara dilaporkan warga ke Polres Taput.

Ke 3 terlapor yaitu Kades Parsibarungan, Kades Hutaraja dan Kades Dolok Nauli. Dalam laporan tersebut ada beberapa item penggunaan Dana Desa tahun 2023 yang di duga mark up dan tidak sesuai dengan volume yang ada di anggaran (RAB).

Kapolres Taput AKBP.Ernis Sitinjak.SH SIK melalui kasi Humas Aiptu W. Baringbing saat dikonfirmasi Media ini membenarkan adanya laporan tersebut.

“Benar,laporan itu telah kita terima dari warga kecamatan Pangaribuan” awal Baringbing.

Dijelaskannya, dalam laporan tersebut terlampir beberapa poin yaitu,
1. Dana Desa T.A 2023 diduga sarat dengan korupsi karena jumlah bantuan pemerintah tersebut sangat jauh dari hasil pelaksanaan (Volume) pekerjaan.
2. Diduga kuat adanya kerjasama pihak Kades dengan Suplayer mengeluarkan surat bon faktur yang berbeda, dengan jumlah barang yang sebenarnya (Mark Up).
3. Dalam pengelolaan Dana Desa, Kepala Desa tidak melibatkan Tim Pelaksana Kerja (TPK) diduga semuanya di Monopoli Kepala Desa.
4.Diduga banyak tandatangan palsu dalam laporan pertanggungjawaban Dana Desa.
5.Dana PKK Desa diduga tidak jelas pengelolaannya oleh istri Kepala Desa.
6.Diduga upah yang diterima masyarakat tidak sesuai RAB.
7.Diduga barang yang dibeli untuk keperluan tukang kebanyakan Fiktif.
8.Diduga kuat Camat dan PMD serta pendamping Desa tidak melakukan pengawasan dan terkesan melindungi praktek korupsi Kepala Desa.
9.Jumlah Dana Desa Parsibarungan T.A 2023 sebesar Rp.947.000.000 , dari dugaan Korupsi sebagaimana beberapa dugaan penyimpangan keuangan Negara lebih kurang RP. 80.000.000.
10.Jumlah Dana Desa Hutaraja T.A 2023 sebesar Rp.1.033.000.000, dugaan penyimpangan keuangan Negara kurang lebih Rp.105.000.000.
11.Jumlah Dana Desa Dolok Nauli T.A 2023 sebesar Rp.957.000.000, dugaan penyimpangan keuangan Negara sebesar Rp.105.000.000.

“Menindak lanjuti laporan itu, kita melalui Unit Tipikor Polres Taput akan menelaah terlebih dahulu dan selanjutnya akan dilakukan penyelidikan” pungkas Baringbing.

G-BOBLUIS

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *