Nikson Nababan Resmikan Kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) Salib Kasih Siatas Barita Berbiaya Puluhan Milyar.

Nikson Nababan Resmikan Kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) Salib Kasih Siatas Barita Berbiaya Puluhan Milyar.
SHARE
30 views

 

taput.tapanuli.goosela.co.id

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Prov. Sumatera Utara Dr.Drs.Nikson Nababan.M.si resmikan kawasan pengembangan dan pembangunan Daya Tarik Wisata (DTW) Salib Kasih Siatas Barita, Rabu 22 November 2023.

Bangunan yang diresmikan terdiri dari :

1.Pembangunan fasilitasi rekreasi penunjang kegiatan wisata dengan nilai kontrak sebesar Rp. 3.900.609.902,61 terdiri dari komponen satu unit menara pandang, lima unit kios kuliner, tiga unit kios souvenir, empat unit gazebo, plaza area dan plaza kuliner serta bangku taman.

2.Pembangunan fasilitas umum dengan nilai kontrak sebesar Rp.1.197.131.433, 61 terdiri dari empat unit toilet dan kelengkapannya serta pelataran parkir.

3.Pembangunan fasilitas aksesibilitas dengan nilai kontrak sebesar Rp. 706.196.345,06 yaitu aksesibilitas dalam kawasan, lampu taman, papan interpretasi dan papan petunjuk arah.

4.Pembangunan taman wisata olahraga dengan nilai kontrak Rp.2.797.957.204,28 terdiri dari jogging track, jalur sepeda, skate park, outdoor fitness, lapangan olahraga multifungsi serta jalur refleksi.

5.Pembangunan gedung pusat kreasi destinasi pariwisata dan pengadaan perlengkapannya dengan nilai kontrak sebesar Rp.5.530.379.036, 28.

Menara Pandang.

Acara peresmian diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin Pendeta J Sinaga. dilanjutkan dengan laporan dari Kepala Dinas Pariwisata Taput Sasma H Situmorang.

Dalam laporannya, Sasma menyampaikan bahwa sebagai mana arahan dan bimbingan bapak Bupati, sehingga pada tahun 2024 , Pemkab Taput mendapatkan Dana Alokasi Khusus ( DAK) fisik sebesar RP. 7.930.365.000 untuk penataan landscape, fasilitas mitigasi bencana alam, fasilitasi kebersihan, fasilitasi rekreasi penunjang wisata, fasilitas umum dan fasilitas aksesibilitas.

Selain bangunan atau kawasan yang telah diresmikan, Sasma juga melaporkan bahwa untuk pembenahan pengembangan lokasi kawasan Salib Kasih masih membutuhkan beberapa komponen seperti, Vegetasi, Tembok Penahanan Tanah (TPT), drainase dalam kawasan, teralis untuk gedung PKDP, gapura dan gedung ticketing.

Sambutan dan arahan Bupati Taput.

“ Puji Tuhan kita bisa hadir dan meresmikan tempat wisata baru di Tapanuli Utara. Dalam hal ini Saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah berkenan mengalokasikan DAK fisik bidang Kepariwisataan pada tahun anggaran 2023 guna pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Tapanuli Utara khususnya DTW Salib Kasih pada tahun anggaran 2023,” ujar Nikson Nababan.

Dalam pengembangan DTW Salib Kasih, Nikson mengajak tokoh masyarakat, kepala desa , Camat dan para anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Taput agar turut menyumbangkan ide idenya.

Apa yang bisa dilihat, apa yang bisa dibeli dan apa yang bisa dimakan,hal itulah yang harus diterapkan sebagai salah satu daya tarik Wisata Salib Kasih.

Dengan contoh, apa yang bisa dimakan (kuliner) harus benar- benar mempunyai ciri khas yang membuat pengunjung akan mengingat Salib Kasih dengan kulinernya.

“Tugas kepala desa agar memanfaatkan Bumdes bersama sehingga dampak atau hasil dari pengembangan wisata ini dapat dinikmati bersama ” pintanya.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh kepala desa dan tokoh agama dan tokoh adat serta memberikan cendera mata berupa ulos Batak kepada Bupati Taput.

Camat,Para Kades,Tokoh Masyarakat/Adat Memberikan Cenderamata Kepada Bupati Taput.

Acara peresmian turut dihadiri Forkopimda, pimpinan OPD, Camat, Kades se kecamatan Siatas Barita dan para tokoh masyarakat/adat.

G-BOBLUIS

 

 

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *