Kado Natal,Bupati Tapanuli Utara Serahkan Akte Notaris Kepada 444 Kelompok Tani.

Kado Natal,Bupati Tapanuli Utara Serahkan Akte Notaris Kepada 444 Kelompok Tani.
SHARE
110 views

 

Taput.tapanuli.goosela.co.id

Sebanyak 444 Kelompok Tani (Poktan) se – Kabupaten Tapanuli Utara menerima Akte Notaris dari Pemkab Taput.

Pelaksanaan penerimaan Akte Notaris dilaksanakan di Sopo Partungkoan Tarutung, Rabu 21-12/2022 yang diserahkan langsung oleh Bupati Taput Drs.Nikson Nababan. Msi didampingi Kadis Pertanian Sey Pasaribu dan Kaban Bappedalitbang Luhut Aritonang serta beberapa pimpinan OPD.

Foto Bersama, Bupati Tapanuli Utara dan Kelompok Tani Penerima Akte Notaris.

Dalam arahannya Bupati Tapanuli Utara menyampaikan penyerahan Akte Notaris kepada Poktan adalah dalam rangka mewujudkan Visi Dan Misi Kabupaten Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Serta Daerah Tujuan Wisata. Peranan penyuluh pertanian menjadi sangat penting ditengah-tengah masyarakat dalam rangka transfer berbagai teknologi budidaya komoditi, serta berperan dalam perubahan sikap, keterampilan dan pengetahuan petani.

”Salah satu upaya penguatan kelembagaan petani adalah dengan adanya badan hukum/legalitas kelompok tani melalui pembuatan akte notaris”awal Bupati

Lebih lanjut Bupati memaparkan,sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah Pasal 298 Ayat (4) Bahwa Pemerintah Pusat, pemerintah daerah lain, BUMN atau BUMD memberikan belanja hibah kepada lembaga dan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia. Kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat petani sebagai anggota kelompok tani yang belum berbadan hukum sehingga kelompok tani tersebut memiliki kekuatan hukum dalam melaksanakan segala urusan administrasi, bisnis dan dalam hal penerimaan bantuan dari berbagai pihak,maka dengan adanya akte notaris kelompok tani, maka telah memenuhi peraturan perundang-undangan dan persyaratan yang diatur dalam mendapatkan bantuan/hibah dari berbagai pihak dan memiliki kekuatan hukum melaksanakan kegiatan kelompok dalam hal teknologi, perekonomian dan kerjasama dengan pihak ketiga sesuai dengan ad/art kelompok tani.

“kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program pencapaian swasembada pangan,juga kepada para anggota kelompok tani, saya menghimbau jadilah pembawa terang di wilayah masing-masing, menjadi pelopor di desa masing-masing, menjadi perpanjangan tangan saya untuk mengajak dan menyampaikan kepada masyarakat Taput apa yang telah, sedang dan akan kita kerjakan untuk pembangunan Tapanuli Utara yang lebih baik lagi.”tutup Bupati.

Sebelumnya Kadis Pertanian Sey Pasaribu dalam laporannya menyampaikan bahwa sampai Desember tahun 2022 terdapat 1.363 kelompok tani yang sudah memiliki badan hukum dari total 2..474 kelompok tani (poktan) di Kab. Tapanuli Utara dan masih terdapat 1.111 poktan yang belum berbadan hukum,untuk itu Pemkab Taput melalui Dinas Pertanian akan terus mengupayakan pembuatan akte notaris hingga tahun 2024 sehingga semua poktan di Kab. Tapanuli Utara dapat berbadan hukum.

Upmedi Sormin mewakili semua kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada Bupati Taput dan seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan kepada para PPL.

“kami sangat berterima kasih atas dukungan Bapak Bupati ,kami jadi optimis bisa hidup sejahtera dengan adanya akte notaris ini,dan ini membuat semakin giat bertani ditengah kelompok kami masing-masing. Kami juga antusias atas saran Bupati agar menggunakan pupuk organik, hal itu akan kami laksanakan mulai tahun depan.Kami doakan yang terbaik buat Pak Bupati,karena kami masih membutuhkan bimbingan dan arahan dari bapak, kami akan selalu mendukung apa yang menjadi program Bapak untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara.” Ungkap Upmedi.

G-BOBLUIS

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *