Timbun BBM Bersubsidi Jenis BioSolar 1.400 Liter,Warga Simalungun Diamankan Polres Taput.

Timbun BBM Bersubsidi Jenis BioSolar 1.400 Liter,Warga Simalungun Diamankan Polres Taput.
SHARE
274 views

 

Taput.tapanuli.goosela.co.id

Seorang warga Bahapit Desa Naga Dolok Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Simalungun bernama Rihansah(33) diamankan petugas Satreskrim unit Ekonomi Polres Taput.

Penangkapan terhadap Rihansah pada Selasa 18 Oktober 2022 sekira pukul 13:30 saat ketahuan menjalankan aksinya menimbun BBM jenis BioSolar sebanyak 1.400 Liter dari salah satu SPBU di Siborong-borong.

Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi SIK. MH, melalui Kasat Reskrim AKP Kristo Tamba MIK di dampingi KBO Reskrim Iptu H. Hutagalung, Kanit Ekonomi Ipda Gaung dan Hilmi mewakili Pertamina Area Sibolga saat Press Relise di Polres Taput, Rabu 19 Oktober 2022 membenarkan dan mengungkapkan kronologi penangkapan tersangka.

Modus tersangka dalam melakukan aksinya dengan mengemudikan sebuah mobil truck colt diesel yang sudah dimodifikasi, di dalam mobil sudah di siapkan beberapa drum dan tong kosong.

Tiba di SPBU,pelaku mengisi BBM di tangki mobil nya hingga full,selanjutnya disedot dari tangki ke drum IBC.

Dua jam kemudian, pelaku pergi ke SPBU untuk mengisi BBM ke tangki mobil nya kembali,proses yang sama terjadi lagi sehingga mencapai 1.400 liter.
Secara kasat mata perbuatan nya tidak menimbulkan kecurigaan petugas kepolisian maupun petugas SPBU.

Selasa dini hari, Tim kita berhasil mengendus dan membongkar cara tersangka beraksi di sebuah SPBU 14.224.327 yang terletak di Jl Lintas Sumatera Desa Pariksabungan Kecamatan Siborong -borong Kabupaten Taput.

Dalam pemeriksaan, tersangka mengakui perbuatannya,hasil penimbunan BBM Bio Solar tersebut rencananya akan di per jual- belikan ke pemilik kapal di Sibolga dengan harga jauh di atas pembelian harga subsidi dari SPBU yang sudah di tetapkan pemerintah untuk mencari keuntungan sendiri.

Dari hasil penangkapan,Tim berhasil mengamankan barang bukti berupa dua buah drum balteng berisi bio solar sebanyak 1.400 liter, 4 buah drum balteng kosong, tiga buah drum besi kosong, serta uang tunai senilai Rp. 4.500.000, 1(satu) unit Alat Komunikasi Handphone merek Vivo Type Y12, 1(satu) unit Truk dengan No.Pol : BB 9949 CL.

Atas perbuatannya,tersangka telah melanggar Pasal 55 Undang-undang RI nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaimana dirubah dalam pasal 55 angka 9 pasal 40 undang-undang RI nomor 11 tahun 2020 dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

G-BOBLUIS

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *