Gelap dan Terisolir,.Desa Huta Tua Kecamatan Parmonangan Rasakan Kemerdekaan di Era Kepemimpinan Nikson Nababan.

Gelap dan Terisolir,.Desa Huta Tua Kecamatan Parmonangan Rasakan Kemerdekaan di Era Kepemimpinan Nikson Nababan.
SHARE
106 views

Taput.tapanuli.goosela.co.id

Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Sudah sudah memasuki tahun ke 77,namun bagi masyarakat Desa Huta Tua kecamatan Parmonangan kabupaten Tapanuli Utara merupakan tahun pertama dalam merayakan hari Kemerdekaan.
Pasalnya,menurut keterangan masyarakat Desa Huta Tua,selama ini Desa mereka terisolir dan terpencil tanpa ada akses jalan yang memadai dan juga tanpa penerangan Listrik yang berdampak kepada minimnya perekonomian, Pendidikan dan Sosial.

Menjadi perhatian khusus dan diprioritaskan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara,kini akses jalan dan listrik telah menghiasi desa tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam Kunjungan Kerja 2 Hari(14-15/08-2022) Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan.M.si bersama Dandim 0210 TU Letkol.Inf Hary Sandra,anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak,OPD,Uspika dan sejumlah Kades dengan mengendarai kendaraan roda empat di Desa Huta Tua.

Kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan infrastruktur jalan yang telah memasuki tahap perkerasan,ramah tamah,pemberian bantuan dan peresmian Listrik.

Tiba di lokasi Minggu Senin 14/8,Bupati Taput,Dandim 0210 TU bersama rombongan disambut meriah oleh masyarakat Desa Huta Tua dengan yel yel “Nikson Nababan, Merdeka.. Merdeka.. Merdeka”.

Dilanjutkan dengan acara ramah tamah, pembagian buku dan kepada siswa SD,Susu untuk lansia, pemberian pupuk cair dan bibit jagung kepada kelompok tani.

Kepala Desa Huta Tua Tomus Manalu dalam sambutannya memaparkan memori situasi desanya dengan penduduk 86 Kepala Keluarga yang rata rata petani sawah(Desa penghasil Padi/Beras terbesar se kecamatan Parmonangan dengan kondisi tanpa infrastruktur yang memadai dan tidak teraliri listrik.

“Sungguh miris saat itu, kami merasa terkucil kan dan jauh dari kata Merdeka,namun di era kepemimpinan bapak Bupati Nikson Nababan semua berubah,kendaraan roda empat sudah sampai ke desa kami ini, desa yang dulunya gelap kini sudah terang berkat perhatian Bupati yang telah memasukkan aliran listrik.
Untuk itu saya mewakili masyarakat mengucapkan beribu terimakasih kepada Bupati Nikson Nababan, Merdeka..”ucap Tomus Manalu.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat/adat setempat Op.Ronal Manalu.

“sebagai putra daerah,saya sangat bangga dengan kehadiran bapak Nikson Nababan ke desa ini,kami sudah merasakan kemerdekaan sesungguhnya, jalan sudah bisa dilalui kendaraan,pembangunan Jembatan permanen dan sekarang kami merasakan Listrik yang sudah kami nantikan selama 77 Tahun, terimakasih banyak untuk Nikson Nababan yang telah memperjuangkan desa kami ini” ujar Op. Ronal Manalu.

Jalan di Desa HutaTua telah dapat dilalui Kendaraan Roda empat.

Bupati Taput sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan ke Desa Huta Tua adalah untuk kali ke empat.

“Pertama sekali datang ke desa ini,dengan mengendarai sepeda motor pada malam hari dengan kondisi hujan, tapi berkat doa masyarakat dan niat tulus, saya bisa sampai ke desa HutaTua dengan selamat,” ucap Bupati mengawali.

“Menyaksikan kondisi jalan – jembatan yang sangat tidak memadai,ditambah tidak adanya penerangan listrik, saya berkomitmen untuk memerdekakan Desa HutaTua dengan cara memprioritaskan” lanjutnya.

Perlahan tapi pasti,jalan dan jembatan menuju Desa HutaTua akhirnya dibangun dan menuju pengaspalan,rumah masyarakat juga telah teraliri listrik.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Huta Tua yang telah menyambut kami dengan hangat,dan tak lupa mengucapkan terima kasih untuk Pihak PLN yang sudah ikut bekerja sama dengan baik dengan Pemkab Tapanuli Utara,” ucap Bupati mengakhiri.

Rangkaian acara ditutup dengan Hiburan dari masyarakat setempat.

Senin 15/8-2022, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan.M.si bersama Dandim 0210 TU,Manager UP3 PLN Area Sibolga Darwin Simanjuntak menekan tombol sirine tanda resmi masuknya Listrik di Desa HutaTua.

Bupati Taput,Dandim 0210 TU, Manager UP3 PLN Sibolga Resmikan Listrik di Desa HutaTua.

Dalam sambutannya,Darwin Simanjuntak menyampaikan bahwa berkat sinergitas serta komunikasi yang baik antara Pemkab Taput dengan PLN, sehingga Desa HutaTua bisa teraliri Listrik.

“Mari kita bersama menjaga dan rawat jaringan listrik yang telah terbangun di Desa kita ini” Pungkas Darwin.

G-BOBLUIS

 

 

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *