Penantian 100 Tahun,Bupati Taput Nikson Nababan Letakkan Batu Pertama Pendirian Vihara Bodhisitala di Siborong-borong.

Penantian 100 Tahun,Bupati Taput Nikson Nababan Letakkan Batu Pertama Pendirian Vihara Bodhisitala di Siborong-borong.
SHARE
335 views

 

Taput.tapanuli.goosela.co.id

Umat Buddha di kabupaten Tapanuli Utara patut bergembira dan bersyukur, pasalnya penantian selama satu abad akan berdirinya tempat ibadah Vihara kini sudah terwujud.

Tempat ibadah tersebut dinamakan Vihara Bodhisitala yang akan didirikan di Desa Silait-lait (dekat arena Pacuan Kuda) kecamatan Siborong-borong, Tapanuli Utara.

Peletakan Batu pertama dilaksanakan pada hari Minggu,10 Juli 2020 yang dihadiri Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan.M.si bersama rombongan,unsur Forkopimda/Forkpimca serta pengurus/perwakilan umat Budha se Sumatera Utara.

Foto bersama Bupati Taput bersama Kakandepag Taput dan Panitia pendirian Vihara Bodhisitala.

Dalam sambutannya,Nikson Nababan mengatakan kiranya Tapanuli Utara sebagai Pluralisme Bhineka Tunggal Ika dan juga Miniatur Pancasila dan juga mengharapkan Umat Buddha di Tapanuli Utara khususnya yang ada di provinsi Sumatera Utara dapat berperan aktif dalam membangun Tapanuli Utara terkhusus bidang Pariwisata, SDM dan Pertanian.

Diselah sambutannya, Nikson Nababan menceritakan masa kecilnya dengan guyonan di tempat kelahirannya Siborong-borong pada saat hari raya Cengbeng, bersama teman-teman pergi ke pekuburan umat Buddha dengan mengharapkan adanya makanan/buah-buahan maupun angpao yang tertinggal di makam.

“Saya masih ingat waktu itu” ucap Bupati sambil tertawa.

Dilanjutkannya,Bupati mengakui bahwa ini kali pertama mengikuti acara seperti ini,beliau menjelaskan telah pernah ke Vietnam, Thailand, china, Korea, namun di Indonesia mengikuti acara seperti ini baru pertama kali.

Di penghujung sambutannya, Bupati berjanji akses/jalan ke Vihara tersebut akan ditampung dalam APBD yang direalisasikan tahun 2023.

Selain Peletakan Batu Pertama,Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan juga berkesempatan menanam Pohon Bodhi yang dibawa dari negara India yang dipercaya oleh Umat Budha sebagai pohon suci tempat Budha Gautama bersemedi dan mencapai pencerahan.

Ditempat yang sama, Wakil ketua Majelis Buddhayana Indonesia Sumatera Utara Winarko Hartoyo menyampaikan rasa terimakasih atas kesediaan Bupati Tapanuli Utara hadir dalam acara peletakan batu pertama pendirian vihara sekaligus memberikan pencerahan atau motivasi bagaimana umat Buddha merupakan salah satu bagian dari keberagaman dan diharapkan menjadi salah satu sumber PAD dengan adanya Vihara Bodhistala yang disain khusus dengan bentuk kearifan lokal yaitu Tapanuli yang diharapkan mendatangkan umat Buddha di Indonesia maupun di luar negeri untuk mengunjunginya.

G-BOBLUIS

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *