Berkelahi dan Saling Lapor ke Polres Taput, Diselesaikan Dengan Restorative Justice.

Berkelahi dan Saling Lapor ke Polres Taput, Diselesaikan Dengan Restorative Justice.
SHARE
630 views

Taput.tapanuli.goosela.co.id

Kasus perkelahian berbuntut saling lapor ke Polres Tapanuli Utara (Taput) diselesaikan dengan cara Restorative Justice atau penyelesaian konflik hukum dengan jalan mediasi antara tersangka dengan korban atau yang sering disebut jalan damai.

Kasus perkelahian antara Sardo Tambunan (31) dengan Pahodden Tambunan(48) dan melibatkan Geovani Tambunan (18) dan Normal Tambunan (64) terjadi pada Rabu 25 Mei 2022 di Desa Pantis Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara.

Hari itu juga, Sardo Tambunan melaporkan Pahodden Tambunan dan Geovany Tambunan karena melakukan penganiayaan atas dirinya.
Di hari yang sama ,Pahodden Tambunan melaporkan Sardo Tambunan dan orang tua nya Normal Tambunan karena melakukan penganiayaan juga.

Hasil penyelidikan Petugas Kepolisian terhadap laporan keduanya menemukan bukti bahwa kedua pelapor/terlapor terbukti bersalah dan ditetapkan sebagai tersangka.

Suasana Mediasi kedua kubu yang bertikai.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka,kedua kubu akhirnya sepakat untuk berdamai.
Mediasi pun dilaksanakan tanggal 2 Juli 2022 dan saat itu juga gelar perkara penyidikan dihentikan setelah adanya kesepakatan perdamaian yang diserahkan kepada Penyidik.

Restorative Justice yang dilakukan Polres Taput,mengacu pada Peraturan Kapolri (Perkap)No 8 Tahun 2001 yang mana isi perkap tersebut tertuang adanya beberapa kasus yang bisa dilakukan mediasi jikalau pertimbangannya lebih baik dari pada proses hukum melalui proses pengadilan.

G-BOBLUIS

 

 

Be

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *