Bagikan Alsintan,Bupati Taput”Ini Hadiah Natal Bagi Petani”

Bagikan Alsintan,Bupati Taput”Ini Hadiah Natal Bagi Petani”
SHARE
229 views

 

Taput-tapanuli.goosela.co.id

“Ini adalah hadiah Natal bagi Petani di Tapanuli Utara”ucap Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan.Msi

Hal tersebut diatas diucapkan dalam sambutannya saat pemberian bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan launching kartu Tani kepada kelompok tani, Kamis 23/12/2021 di Desa Pagarbatu,Kec.Sipoholon kabupaten Tapanuli Utara(Taput).

Alsintan dibagikan kepada Poktan dari 9 kecamatan di Taput

Dijelaskan Bupati,karena mayoritas warga Taput adalah petani. Maka ada dua hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil
pertanian yaitu Ekstensifikasi dan Intensifikasi serta mengingat masih banyak lahan tidur di Taput,maka Pemkab mempersiapkan Alsintan seperti Traktor untuk mengolah lahan tidur tersebut

“Ekstensifiksi kaitannya dengan lahan tidur, maka kita siapkan terus traktor traktor besar kita untuk mengolah lahan tidur masyarakat”kata Bupati

Segera melaporkan oknum yang meminta uang.

Bupati juga menyinggung tentang adanya pembayaran sejumlah uang dari kelompok tani ketika menerima Alsintan.Padahal bantuan alsintan dari pemerintah adalah gratis.

Untuk itu Bupati meminta kepada Koordinator PPL,PPL dan Kelompok tani untuk melaporkan apabila ada oknum operator atau staf Dinas Pertanian yang meminta pembayaran alsintan.

“Jadi kalau ada operator atau staf di dinas pertanian dalam konteks kaitan traktor gratis minta uang,tolong melaporkan kepada saya”Pungkas Nikson nababan.

Selain itu Bupati juga mengatakan adanya penyalahgunaan penggunaan alsintan,maka kalau itu terjadi maka alsintan tersebut akan ditarik dari kelompok.

Dilokasi yang sama,Sondang Pasaribu Kadis Pertanian Kab.Taput mengakui banyak Alsintan bantuan dari Pemkab dimonopoli oleh ketua kelompok dan juga pemanfaatan alsintan tersebut secara komersil juga kurang perawatan.

Jadi kedepan menurut Kadis Pertanian, kelompok tani penerima alsintan akan dievaluasi,agar bisa berdaya guna serta berhasil guna.

“Nanti kita evaluasi semua ini,agar berdaya guna dan berhasil guna”Kata Sondang pasaribu.

Bantuan alsintan yang diberikan kepada kelompok Tani dari sembilan kecamatan adalah 5 mesin pemipil jagung mobile,31alat tanam jagung dan 10 Kultifator mesin pembuat bedengan juga penerbitan kartu Tani sebanyak 14870 lembar.

G-BOBLUIS

Admin Tapanuli.goosela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *